Selasa, 14 Agustus 2012

SAHABAT PENUH MISTERI




Anton terduduk lesu dikursi rumahnya, wajahnya yang sudah masam tak mampu lagi memungut gairah senyum yg seperti biasanya dia keluarkan di sore itu. Sambil merebahkan tubuhnya
di kursi yang memang biasanya dia tidurkan untuk melepas lelah..dengan menghela nafas panjang dan kepala beralaskan kedua tangannya yang ditekuk tersebut menjadikan khayalan terbang mendekat. Anton samar samar melihat temannya Dhika tengah menyapa dari jarak jauh. Lambaian tangan dhika terasa begitu dekat sehingga antonpun bergegas menghampiri dhika yang sudah menantinya di pintu gerbang rumahnya.” Tumben loe datang kesini dhik ?”, ucap anton sambil mencoba meraih sandal dibalik pintu rumahnya. Anton menyapa dhika dengan gayanya yang khas , " kemana aja sih lo jarang main ketempat gue dhik ? Emang segitu sibuknya ya ampe ngelupain temen? Tanya anton. " Ah bisa aja lo ton, gue adalah.. lagi sering banyak tugas dikantor jadi maklumlah jarang kumpul-kumpul lagi sama temen-temen hehehe." Balas dhika. " Ayo kedalem dulu dhik, udah mau maghrib tau..ntar kalau lama-lama diluar bisa kesambet setan loe hehehe" canda anton. " Biarin aja..kan gw setan nya hahaha..” tawa dhika merenyah. “ ah bisa aja loe dhik, masa ada setan seganteng lo lewat rumah gue ? ntar bakalan cewek cewek sini pada menjerit lihat lo narsis “ imbuh anton.


Kedua sahabat yang sudah lama jarang tegur sapa itupun akhirnya masuk kedalam rumah. “ duduk dulu ya, gue mau ambil air minum buat lo, gue tau elo udah jalan 10 km kan ? hehehe pasti betisnya pada pegel pegel nih “ ucap anton. “ thanks bro, gak usah repot repot kalau ada keluarin aja semua yang ada didalem lemari es lo..hihihi “ dhika mencoba bergurau.” Boleh ,ntar gue keluarin semua isi kulkas gue..tapi elo harus habisin ya ,sanggup gak ? “ canda anton sambil meninggalkan dhika ke dapur.
Sa’at anton sibuk mengambil botol air didalam kulkas terdengar suara jelas didalam kamar mandi , seperti suara orang yang sedang menuangkan air kedalam ember. Anton mencoba menutup pintu kulkas tersebut dan menghampiri pintu kamar mandi. “ setau gue nyokap sama bokap lagi kondangan jauh dan nggak mungkin jam segini udah pulang “ gumam anton sambil berfikir siapa kira kira orang yang ada di dalam kamar mandi. Sambil mendekat dengan pasti dan mencoba untuk mengetuk pintu kamar mandi tangan antonpun segera mengetuk pintu kamar mandi tersebut , namun baru saja akan mendaratkan tangannya ke pintu .mendadak Dhika menyapanya dari belakang. “ ada apaan sih ton ? “ celetuk dhika. Anton kaget bukan kepalang “ ah kamu dhik bikin gue jantungan aja .”imbuhnya. “ lagian ngapain ke kamar mandi mengendap endap gitu udah kaya maling aja “ bilang dhika. “ nggak tau nih kayaknya ada orang di dalam kamar mandi “ terang anton . “ ah bisa aja lo ton..gue aja dari tadi nggak denger apa apa kok !” balas dhika. Anton lalu membuka pintu kamar mandi dan dilihatnya sekeliling kamar mandi tersebut namun sepertinya tidak ada apa-apa. “ tuh kan bener nggak ada siapa siapa “ kata dhika sambil mengajak anton keruang tamu. “ Gue ambil air minum dulu dhik, elo tunggu di ruang tamu ya “ ujar anton. Anton tak habis pikir namun masih terngiang ditelinganya suara gerucuk air yang dituangkan dari sebuah gayung ke dalam ember dari kamar mandi terdengar jelas. “ ah mungkin hayalan aku saja kali ya “ ujar anton sambil membawa botol air yang dingin dari dalam kulkasnya.
“ dhika lo dimana ? ini air minum sama kue kesukaan elo ?” kata anton sambil mencari cari dhika. Anton mencoba untuk keluar dari rumah “ kemana tuh anak udah nggak ada “ gumam anton sambil mencoba membalik badan. “ dor “ hehehe..kaget ya ! “ dhika mencoba mengejutkan anton. “ duh elo tadi kemana sih gue cariin gak ada , kaya setan aja lo bisa ngilang “ bilang anton sambil menghela nafasnya. “ gue ada kok duduk di ruang tamu , elo aja yang enggak liat ..makanya jangan banyak mengkhayal hehehe “ cetus dhika.
Akhirnya kedua sahabat karib itupun kembali kedalam rumah , diruang tamu anton dan dhika berbincang bincang seputar kehidupan pribadi dan saling curhat maklum mereka sejak sekolah dasar sudah saling mengenal satu sama lainnya.

Tanpa terasa waktu terus berlalu , malam semakin larut..kedua sahabat itupun masih saling bercerita..sesekali mereka bermain play station sampai puas dan nonton film action dengan mengunakan dvd player.
Meja ruang tamu berantakan , gelas dan makanan ringan ada dimana mana tapi mereka tak menghiraukan . suara televisi terdengar jelas sa’at sedang ditayangkan konser dangdut dari televise swasta . Malam itu Anton sudah sangat mengantuk sekali. “ dhik elo nginep dirumah gue aja ya , kebetulan nyokap n bokap gue pulangnya besok siang , maklum kondangannya jauh banget “ ujar anton sambil memegang bahu dhika. “ skalian nemenin elo ya ? enak banget dong gue jadi satpam ” canda dhika. “ yah itukan cita cita elo dari kecil mau jadi satpam hahaha “ bales anton. “ sial “ kata dhika sambil berlalu kekamar mandi.
Sa’at dhika dikamar mandi , anton segera meraih remote control TV nya. Dan memutar gelombang chanel lain . kebetulan sa’at itu ada breaking news di TV .
" Selamat malam pemirsa berita kecelakaan hari ini , telah terjadi kecelakaan lalu lintas antara pengendara sepeda motor dan truck bermuatan pasir ..pengendara sepeda motor masuk kebawah truck dan terlindas lalu tewas seketika , setelah di identivikasi bahwa pengendara itu bernama ….” Pet !!“ suara TV yang dimatikan oleh dhika . “ yaaah kok dimatiin sih dhik , gue penasaran sama pengendara motor tadi..siapa tau orang sini yang jadi korban “ tegur anton dengan sedikit kecewa. “ gue paling takut kalau lihat berita kecelakaan..mendingan berita yang lain aja ton , beneran nih gue phobia tau “ ucap dhika berasalan.
“ baru segitu aja udah takut..payah lo ah “ cibir anton . “ yah gitu deh ton ,kan lo tau sendiri gue dari sejak kecil paling takut kalau lihat atau denger cerita film film tentang setan hehehe “ kata dhika lagi.

Udara diluar malam itu sangat dingin..lolongan anjing dari kejauhan terus menyalak dan suara burung hantu terus membahana . anton dan dhika sudah mau tidur. Mereka berdua bergegas ke kamar tidur.
“ dhik ini tau nggak ini malam apa ? “ bisik anton
“ nggak tau , gue jarang lihat kalender sih “ ujar dhika
“ ini kan hari kamis..alias malam jum’at “ gertak anton
“ huuh , malam jum’at kliwon dong..” kata dhika sambil ketakutan
“ tenang aja dhik , elo nggak usah takut..kan gue udah biasa liat setan “ canda anton
“ setan apaan ? “ Tanya dhika
“ setan gentayangan kayak elo “ tawa anton
“ ahh sialan ..emangnya gue mirip setan apa ? kata dika sambil menepuk punggung anton
“ udah ah..berisik aje lo ..gimana kalau kita tidur “ celetuk anton
“ tapi jangan nakutin gue ya ton..kan elo orangnya suka iseng , ingat nggak dulu waktu kita main kemah kemahan di samping rumah..elo bikin gue kencing di celana gara2 nakutin gue..? “ terang dhika
“ masih inget aja lo, gue malah udah lupa ..udah lama banget tau tuh “ balas anton.
“ ya udah mana selimut loe ton , gue udah nggak tahan nih badan gue udah kedinginan “ ucap dhika sambil menggigil
“ nih selimut lo yang warna putih , gue yang warna hitam aja “ kata anton sambil melemparkan selimut dari balik lemarinya ke wajah dhika.

Sambil merebahkan tubuh mereka diatas tempat tidur tidak lantas membuat kedua sahabat itu tertidur , masih ada perbincangan diantara keduanya.
“ ton..kita sahabatan udah lama banget ya , nggak terasa sudah lebih dari 23 tahun , elo emang sahabat gue yang masih gue kenal sangat baik , dulu si wawan dan fatur juga sahabat kita tapi sayangnya mereka sudah pergi jauh entah kemana “ cerita dhika
“ yah itulah gue, selain ganteng gue juga ramah dan baik hati hehehe “ ucap anton agak sedikit narsis
“ ton kalau nanti suatu sa’at gue mati , apa elo mau nemenin gue ? “ Tanya dhika perlahan
“ elo ngomong apaan sih dhik, udah kaya orang mau mati aja , nggak boleh ngomong kaya gitu “ ujar anton sambil memegang kepala dhika.
“ udah jawab aja ton “ Tanya dhika lagi.
“ yaaa kalau elo mati gue pasti seneng dong hahahaha ..
“ kan jadi cowok terganteng posisinya jadi gue yang pegang “ canda anton
Dhika terdiam..tangannya meraih selimut dan menutup wajahnya.
“ duuh gitu aja marah nih “ kata anton sambil membelakangi dhika

Beberapa sa’at mereka terdiam , anton yang sa’at itu sudah sangat mengantuk mencoba memejamkan mata , namun sepertinya tidak bisa.
Dipandanginya tubuh dhika yang berselimutkan kain putih membelakanginya.
“ dhik…dhika…elo udah tidur ya “ anton mencoba menggoyangkan tubuh dhika
“ dhik….hmm…beneran udah tidur nih anak dasar pelor..skali nempel langsur molor “ seloroh anton.
Sayup sayup terdengar suara televisi yang masih menyala diruang tamu.
Anton bergegas bangun dan kembali keruang tamu.
“ perasaan tadi gue udah matiin nih TV ? kok bisa nyala lagi ya ? gumam anton masih penasaran.
Ketika sampai diruang tamu anton segera mencari remote TV dan berusaha mematikan tv tersebut .
“ kok dimatiin ton , gue masih nonton tau “ tiba2 dhika sudah ada diruang tamu terduduk sambil memegang kaleng berisi kue.

Anton tergidik kaget “ loh…kan tadi elo dikamar sama gue udah tidur ? kok udah ada disini ? “ anton penuh keheranan
“ eh anton gue tuh daritadi disini nonton TV , kebetulan gue suka banget sama acara film action dari transtv “ ucap dhika
“ jangan bercanda lo dhik , bikin gue jadi bingung aja “ anton masih terheran heran.
“ hehehe sebenernya gue tadi belum tidur , waktu elo ke ruang tamu gue ngikutin elo dari belakang..emang nggak berasa ya ? “ timpal dhika
“ duh bikin jantung gue deg deg-an aja lo dhik “ hentak anton
“ hehe sory sory bro bikin elo jadi ketakutan , tapi gue nggak mirip setan kan hihi “ gurau dhika
“ auah elap..ya sudah setel aja berita..biasanya jam segini ada berita malam deh ..tuh kan udah jam satu dini hari “ hardik anton sambil memegang remote control TV dan mencari chanel berita.
Sementara anton duduk dibawah sofa..dhika duduk diatas sofa mereka kembali bercanda.

Sa’at mereka berbincang Anton kembali terpaku dengan sebuah berita kecelakaan . “ lah inikan berita yang tadi sore..kebetulan gue tadi belum rampung liat gara-gara elo matiin dhik “ ucap anton sambil memegang erat remote control tv nya. Dari dalam tv terdengar berita “Selamat malam pemirsa berita kecelakaan hari ini , telah terjadi kecelakaan lalu lintas antara pengendara sepeda motor dan truck bermuatan pasir ..pengendara sepeda motor masuk kebawah truck dan terlindas lalu tewas seketika , setelah di identivikasi bahwa pengendara itu bernama andhika yang beralamat dijalan tawes 4 bekasi .” suara tv membahana
“ kok namanya Andhika pas banget sama nama elo dhik “ Tanya anton kepada dhika.
“ dhik…dhika..kemana lo ? “ anton menoleh tapi dhika sudah tak ada
“ kemana nih anak , cepet banget ngilangnye “ gumam anton
Bergegas anton ke kamar dan mendapatkan dhika tertidur pulas “ woi..enak bener ninggalin gue diruang tamu “ hardik anton kepada dhika

Dhika tak bergeming sedikitpun..anton mencoba membangunkan dhika namun dhika tetap saja terdiam . sa’at anton hendak membuka selimut dhika tiba tiba ..
“ ton…aku mulai kedinginan nih..” ucapan lirih terdengar dari mulut dhika
“ dingin apanya , kan AC nya udah gue matiin “ balas anton
“ dingin banget tau, mana kepala gue berdarah nih…sakit banget hik.hik “ lirihan dhika kembali sambil menangis
“ elo kenapa sih dhik ? “ Tanya anton
“ kepala gue berdarah ton…sakiiiit banget..rasanya mau pecah “ imbuh dhika sambil terus menutupi kepalanya dengan selimut
“ tadi perasaan elo nggak kenapa kenapa ?” ucap anton lagi
“ iya ton..gue emang nggak kenapa kenapa tapi kepala gue perih bangets..” kata dhika
“ coba gue liat kepala lo , sebenarnya sakit apa sih “ anton keheranan

Sa’at anton akan membuka selimut yang menutup wajah dhika tiba tiba listrik padam dan ruangan menjadi gelap gulita.
“ duh pake acara listrik mati lagi , kacau dah “ teriak anton sambil mencoba keluar dari kamarnya untuk mencari korek api.
Ketika anton mencari korek api , mendadak spertinya anton menabrak sesuatu..” duh siapa sih nih “ teriak anton
“ gue yang elo tabrak ton “ jawab dhika
“ elo cepet banget keluarnya dhik , gue jadi heran “ ketus anton
“ kepala gue sakit ton…darahnya terus terusan keluar nih “ ratap dhika menghiba
“ ya udah bentar gue mau ambil korek api di dapur , elo tunggu aja disini “ kata anton lagi

Sekembalinya dari dapur dan mendapatkan korek api beserta lilin anton lalu menyalakannya di ruang tamu.
“ toon…kepala gue makin sakit dan perih nih , elo bisa tolongin gue nggak “ ucapan dhika yang mulai melemah
“ elo dimana sih dhik , gue nggak liat elo dimana ? “ Tanya anton
“ gue dikamar elo ton , kesini dong “ sahut dhika mengajak

Lalu anton ke kamarnya dengan membawa lilin , didapatinya dhika tengah berbaring sambil memegangi kepalanya.
“ iya kepala elo berdarah kenapa dhik ? ya ampun..darahnya banyak banget “ anton mulai panic
“ gue perih banget ton, badan gue dingin banget..kepala gue aduuh sakitnya minta ampun “ lirih dhika lagi.
“ coba lihat kepalanya yang berdarah..” ucap anton sambil mencoba mengangkat lilinnya tepat mengarah kewajah dhika.
Ketika dhika melepaskan tangannya , tampak jelas kepalanya yang penuh darah merah mengental dan bola mata yang hamper copot keluar , bagian otaknya pun mulai terlihat dengan bintik putih cairan otak yang berdarah.
Anton kaget bukan kepalang, bulu kuduknya berdiri dan menjerit sejadi jadinya..seketika tubuhnya lunglai lemas tak berdaya tergeletak di samping tempat tidurnya.
Keesokan harinya anton mendapatkan dirinya berada dirumah sakit dengan kepala terikat perban putih dan disampingnya pun berdiri ayah dan ibunya.
Ayah : “ kamu kenapa ton , kamu sakit apa ? “
Ibu : “ iya ton. Ma’afin ibu ya yang tidak menjaga kamu sepenuhnya “
Anton masih terdiam dan masih dengan kondisi lemah. Seorang suster dan perawat pria datang menghampiri untuk memberikan obat-obatan untuk pemulihan kondisi kesehatannya.
Anton: yah ..bu..anton kok ada dirumah sakit ? emang anton kenapa ?
Ibu : “ anton , tadi pagi ibu menemukanmu pingsan di sebelah tempat tidur..kepala kamu membentur lantai dan ada darah .. sebenarnya kamu habis main apa sih di kamar sampai jatuh begitu..?
Anton : anu bu..anton semalem habis..
Belum selesai bicara mata anton tertuju pada sebuah berita yang ada di sebuah Koran yang sa’at itu di pegang sang ayah.
Anton : yah coba lihat berita itu , siapa yang kecelakaan ?
Ayah : iya ton ..baru mau papah ceritakan bahwa temanmu si dhika kemarin sore meninggal akibat kecelakaan lalulintas , tubuhnya terpelanting dan masuk ke kolong mobil truck .siang ini jenazahnya akan dikebumikan di TPU pondok kelapa . beritanya sudah ada ditelevisi dari kemarin malam dan hari ini sudah ada beritanya di Koran Koran , tragis ya. Padahal ayah tau anak itu baik sekali.itulah takdir kita tidak tahu kapan Tuhan akan memanggil kita.

Anton terdiam membisu dan mancoba mengingat peristiwa semalam dimana ketika dia hendak ke kamar mandi tiba-tiba dhika sudah mengejutkannya dari belakang padahal tidak terdengar langkah kaki dhika , dan ketika mencari anton diluar rumah tiba tiba ketika menoleh sudah ada dibelakangnya..lalu ketika menonton berita kecelakaan dhika berusaha mematikan TV , begitupun ketika hendak menonton tv ketika dhika sudah tidur tiba tiba sudah ada dibelakang dan duduk di atas sofa dan terakhir melihat wajah anton dengan wajah penuh darah dan kepala pecah.
“ maaf pak..ibu..ada dokter yang akan memeriksa kondisi kesehatan anton , jadi ibu dan bapak bisa keluar sebentar “ sapa sang suster kepada ayah dan ibu anton
Tak lama sang dokterpun datang untuk memeriksa , sambil membalikan badannya sang dokter menyiapkan obat obatan diatas meja.
Dan ketika sang dokter berbaik badan dengan jarum suntik ditangan tampak wajah dhika yang tersenyum sinis sambil berkata




kamu juga harus mati anton….”






TAMAT



Tidak ada komentar:

Posting Komentar